Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 12 Januari 2010

CANDI PASENTRAN

(Peninggalan Masa Akhir Majapahit )


Candi Pasetran di Desa Wotanmas Kecamatan Ngoro. Dari lokasi itu, ke selatan sekitar kilometer. Candi Pasetran terletak sekitar 300 utara Candi Jedong. Tak ada yang istimewa dari candi ini. Tapi, bagi orang yang berkecimpung dengan dunia olah kebatinan, boleh jadi tempat ini cocok.

Candi Pasetran terbuat dari batu bata, yang tersusun setinggi sekitar 1,5 meter. Bangunan seperti tembok keliling, dengan pintu di utara dan atap terbuka. Di dalam ruangan itu terdapat sejumlah batu. Bangunan ini berada dekat kuburan kampung. Memasuki komplek ini terkesan magis. Di sana sepi dan tidak ada penjaga. Di luar candi di kelilingi pagar kawat berdiri. Diperkirakan, bangunan ini sebagai tempat untuk pemujaan.

Di Desa Pamotan Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo, sebuah monumen tua, juga bisa Anda temukan di sana. Bangunan ini populer disebut sebagai Candi Pamotan Kini, bangunan itu tinggal pondasinya saja. Masih di Kecamatan Porong,

Majapahit juga memiliki peninggalan Candi Sumur di Desa Candi Pari. Kondisi Candi Sumur semula sudah runtuh, dan berhasil direkonstruksi sebagian. Candi Sumur diperkirakan seumur dengan Candi Pari (1371 M) yang berdiri sekitar 100 meter dari bangunan tersebut. Candi Sumur berbetuk bujur sangkar 8 x8 meter dan tinggi 10 meter. Candi menghadap ke barat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar