Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 10 Januari 2010

CANDI BELAHAN

(Pedarmaan Prabu Erlangga )

Petirtan Belahan
Berlokasi di Desa Wonosuryo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Merupakan tempat pemakaman Raja Airlangga berasal dari masa abad XI masehi hal ini dibuktikan dengan candrasengkala yang terpahat pada sebongkah batu besar, berangka tahun 1049 masehi.
Bahan batu bata dan batu andesit, Petirtaan Belahan merupakan sebuah pemandian berbentuk kolam persegi empat yang mendapat pasokan air dari sebuah sungai kecil. Dinding sebelah barat belakang mengepras lereng gunung penanggungan dengan bentuk relung-relung yang dahulunya berisi arca perwujudan Airlangga sebagai dewa Wishnu. Dengan ukuran panjang 6,14 m dan lebar 6,14 m.
Petirtaan ini sering disebut oleh penduduk dengan nama Candi Tetek atau Candi Belahan, karena adanya pancuran air yang disalurkan lewat peyudara salah satu arca. Petirtaan ini belum pernah mengalami pemugaran.
Petirtan Belahan
Candi Belahan merupakan komplek pertapaan yang terletak di Lereng Gunung Penanggungan. Terdapat arca panCandi Belahan merupakan komplek pertapaan yang terletak di Lereng Gunung Penanggungan. Terdapat arca pancuran yang menjadi kekhasan petirtaan ini. Diperkirakan dibangun pada masa Raja Airlangga.curan yang menjadi kekhasan petirtaan ini. Diperkirakan dibangun pada masa Raja Airlangga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar